Perkenalan
Minggu, Maret 21, 2010 by rancang bangun arsitektur dan interior -ruang Widjaja- in

Perkenankan saya mengenalkan diri terlebih dahulu.

Nama saya Andi Widjaja. Seorang arsitek praktisi dengan gelar akademik ST (Sarjana Teknik). Sudah kurang lebih 5 tahun ini saya berkecimpung dalam ke- arsitektur - an. Dimulai sebagai tenaga sukarela dalam sebuah posko pasca bencana di kampus, berlanjut ke periode bekerja di sebuah perusahaan kontraktor, kemudian bekerjasama dengan rekan arsitek senior dan akhirnya hingga saat ini memutuskan untuk coba menebarkan idealisme arsitektur saya sendiri. One man army, some might say. Hehehe...
Pada awal saya memutuskan untuk melangkah sendiri, terpikir dalam benak saya, kira2 apa yang mau saya tawarkan dalam usaha saya melangkah maju ini nantinya. Karena sebuah perjalanan tidak berkesan bila tidak meninggalkan jejak, bukan?




Setelah masa pencarian selama praktek sebagai pemula, maka saya sampai pada milestone pertama dalam perjalanan saya. Sebuah keputusan mengenai kebijakan dan "warna" dalam arah desain saya nantinya. Keputusan yang tidak lepas dari sejumlah pengalaman dan pengamatan, juga sedikit keprihatinan yang mendorong semangat pembaruan dalam diri saya.

Idealisme ini saya coba tuangkan dalam logo "ruang Widjaja" di atas. Logo bergambar pohon dengan background hijau adalah sebuah usaha penggambaran atas keluasan pemahaman akan "ruang" itu sendiri. Dalam proses pembelajaran akademik selama di kampus, saya sangat terkesan dengan penjelasan tentang ruang. Bahwa ruang dan ruangan adalah 2 hal yang sangat berbeda. Singkatnya, ruangan adalah sebuah ruang, namun sebuah ruang belum tentu adalah sebuah ruangan. Ruangan dibentuk oleh batas2 yang terindera, seperti sebidang lantai dengan 4 bidang dinding dan sebidang plafond. Sementara ruang dapat terbentuk dari batasan yang tidak terindera. Seperti misalnya, ketika berada di bawah naungan sebuah pohon, bayangan yang ditimbulkan oleh pohon tersebut menjadi sebuah ruang teduh dimana kita bisa duduk bersantai. Dari sini lah muncul "ruang Widjaja", sebagai The Architect, saya hendak menyampaikan pada khalayak, sebuah pengalaman ruang yang baru, ruang yang bukan hanya dinding - lantai - plafond - beberapa jendela dan pintu. Namun ruang yang mampu menggugah indera dan hati. Sebuah ruang yang.... Widjaja banget. Hehehehehe....

Lebih jauh sedikit tentang logo ini, saya mengkombinasikan warna hijau dan abu2 sebagai simbol dari aspek alam dan konstruksi (Beton) yang bersinergi. Karena bagi saya, arsitektur tidak hanya menciptakan ruang hidup bagi manusia yang dinaunginya, namun juga menghidupkan alam dan berkontribusi postif terhadap Bumi. Green architectural concept.

Lanjut ke tujuan saya membuat blog.
Blog ini saya buat sebagai usaha saya untuk menebarkan virus ruang saya. Bagi Anda yang membutuhkan konsultasi akan saya layani secara cuma - cuma. Namun tolong diingat, konteksnya konsultasi loh ya, bukan desain gratis!
Selain itu juga tentu saya tidak menutup diri untuk calon klien yang membutuhkan desain baik itu arsitektural maupun interior. Hehehehe... Lingkup pengerjaan adalah desain dan pembangunan.

So, jangan sungkan untuk menghubungi ya! Selanjutnya, akan saya post artikel2 yang mudah2an berguna bagi rekan2 semua. Amin.


Best regards,



Andi Widjaja, ST



Posting Komentar